Kamis, 14 November 2019 - 12:33:39 WIB

Kelurahan Lalang Buat Pelatihan Pupuk Kompos dan Pemanfaatan Limbah Sampah

Kelurahan Lalang Buat Pelatihan Pupuk Kompos dan Pemanfaatan Limbah Sampah

TEBINGTINGGI – Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pemanfaatan limbah daur ulang sampah kepada ibu – ibu rumah tangga di Bank Sampah Karya Mandiri di Jalan Bukit Bundar Kelurahan Lalang selama tiga hari tanggal 25-27 September 2019.

Lurah Lalang Hadi Supeno SE menjelaskan bahwa saat ini banyak limbah sampah baik yang organik dan non organik tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat terutama dalam pengelolaannya, karena limbah daur ulang sampah baik yang organik dan non organik bisa mendatangkan nilai rupiah apabila di kelola dengan baik.

 

“Saat ini banyak limbah sampah dari keluarga yang dibuang warga di pembuangan sampah, tetapi apabila bisa kita manfaatkan dalam pengelolaannya bisa akan menjadikan permasalahan dan menimbulkan berbagai penyakit,” jelasnya, Selasa (25/09/2019).

BACA JUGA:  TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim Surakarta Sasar Perbaikan Talud dan Saluran Air

Jelas Hadi Supeno, dalam hal pelatihan ini masyarakat diajari untuk melakukan pengelolaan sampah, seperti sampah yang organik yaitu sampah yang bisa melebur dengan tanah seperti sampah jenis daun daunan ataupun sampah dari bekas tumbuhan bisa diolah menjadi pupuk Kompos.

Sedangkan untuk sampah non organik seperti plastik bisa di manfaatkan untuk kerajinan tangan seperti bunga plastik dan sampah lainnya bisa dikumpulkan untuk di jual kepada pengola bank sampah dengan istilah botot.

“Kita harapkan para peserta bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini dan menangkap hasil materi dari pihak narasumber,” ujar Hadi Supeno.

Khairin Najri dari Dinas Perkimsi Kota Tebingtinggi mengatakan sampah apabila bisa dimanfaatkan dengan baik ada nilai rupiahnya, sampah apabila di padang adalah terkesan jorok, tapi sampah bisa menambah perekonomian masyarakat, di Indonesia terutama kota kota besar, permasalahan sampah menjadi polemik, maka kita sebagai masyarakat harus bisa mengetahui fungsi dan pemamfaatan sampah.

BACA JUGA:  Darurat Pelecehan Anak, Pemkab Lamtim Ambil Sikap Mengunjungi Korban Pencabulan

Dinas Perkimsi sudah melaksanakan Jumat Bersih (Juber) dan Liat Sampah Langsung Ambil, kegiatan ini sudah dilaksanakan di sekolah sekolah dan masyarakat, kita juga mengajak untuk mengutip sampah yang berserak di jalan jalan.

Sedangkan narasumber dari Direktur Bank Sampah Karya Mandiri, Iskandar menjelaskan tata cara pembuatan pupuk Kompos dari limbah sampah keluarga dengan menggunakan tong komposter.

“Untuk lebih mempercepat proses dekomposisi maupun penguraian sebaiknya bahan campuran bahan organik sampah dengan disiram menggunakan EM4 atau mikro organisme lokal (Mol),” jelasnya.

Hadir Kapolsek Rambutan Iptu Suhartono, mewakili Danramil Muklis. Para peserta akan mendapatkan tong komposter untuk membuat pupuk kompos. (MP/TIM)



Walikota & Wakil Walikota

Walikota & Wakil Walikota

Banner Link

Sistem Informasi Kepuasan Masyarakat (SIKEMAS)

Pemko Tebing Tinggi

Kementrian Dalam Negeri

Statistik Pengunjung

Online : 5
Hari Ini : 28
Total : 5395