Kamis, 22 Agustus 2019 - 11:55:01 WIB

Kelurahan Lalang Mewakili Tebingtinggi ke Provinsi

Kelurahan Lalang Mewakili Tebingtinggi ke Provinsi

MedanBisnis�Tebingtinggi. Kelurahan Lalang Kecamatan Rambutan terpilih mewakili Kota Tebingtinggi untuk mengikuti lomba kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018.

Kepala Kelurahan Lalang Hadi Supeno di lokasi Taman Selfi Jalan Bukit Bundar Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, Rabu (23/5), mengatakan terpilihnya Kelurahan Lalang mewakili Kota Tebingtinggi berkat dukungan seluruh masyarakat.

"Ini buah dari kerja keras semua unsur yang ada di Kelurahan Lalang. Begitu juga dengan dukungan yang diberikan oleh seluruh masyarakat, sehingga Kelurahan Lalang terpilih untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara," terang Hadi Supeno.

Menurutnya, penilaian tersebut akan dinilai langsung oleh tim dari Provinsi Sumatera, rencananya di awal bulan Juni 2018. "Untuk penilaian tersebut meliputi pelayanan prima kepada masyarakat, mulai dari pendidikan, kesehatan, perkembangan pembangunan dan pertanian serta tingkat taraf kehidupan masyarakat," jelasnya.

Untuk Kelurahan Lalang saat ini, pihak kelurahan bersama seluruh elemen masyarakat dan stake holder yang ada terus melakukan beberapa terobosan dan inovasi, khususnya di bidang pertanian organik dan bank sampah.
Untuk pertanian organik, pihak kelurahan bersama Dinas Pertanian menggalakkan urban farming di Kelurahan Lalang, hal ini untuk menambah pendapatan masyarakat dalam bidang perekonomian. Urban farming adalah sistem pertanian dengan hidroponik, yakni memanfaatkan lahan-lahan yang ada di sekitar pekarangan rumah tempat tinggal.

Dalam menjalankan sistem pertanian organik tersebut, masyarakat ataupun kelompok tani membudi dayakan tanaman sayuran seperti bayam, kangkung, sawi manis, kubis. Nantinya hasil pertanian warga ini dijual kepada pelanggan seperti rumah makan. "Dalam menanam sayuran, mereka tidak menggunakan pupuk kimia dan insektisida, tetapi menggunakan pupuk organik," jelasnya.
Sedangkan untuk peningkatan dan pembinaan bank sampah, pihak kelurahan menghimbau kepada masyarakat kelurahan untuk bisa memilah-milah sampah, selanjutnya mengumpulkan sampah masyarakat yang non organik seperti bekas minuman mineral, plastik untuk dijual kepada bank sampah dengan sistem menabung sampah.

Dengan tabungan sampah ini, masyarakat bisa mempergunakan uangnya untuk pembayaran beras madani, pembayaran pajak bumi dan Bangunan (PBB) dan yang lainnya. "Itulah beberapa inovasi yang dilakukan di Kelurahan Lalang, hasilnya untuk peningkatan taraf kehidupan masyarakat," terang Hadi Supeno.
Lurah Lalang ini berharap dalam penilaian lomba kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Utara kiranya masyarakat seluruh Kota Tebingtinggi ikut mendoakan agar Kelurahan Lalang bisa lolos untuk maju ke tingkat nasional. (ali yustono)

Sumber Medan Bisnis

Kamis, 24 Mei 2018 10:54 WIB  •  Dibaca: 227 kali  •  http://www.mdn.biz.id/n/348353/



Walikota & Wakil Walikota

Walikota & Wakil Walikota

Banner Link

Sistem Informasi Kepuasan Masyarakat (SIKEMAS)

Pemko Tebing Tinggi

Kementrian Dalam Negeri

Statistik Pengunjung

Online : 4
Hari Ini : 47
Total : 10710